Rabu, 18 Mei 2016

Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Merah Lezat

Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Merah - Kue talam adalah kue yang sangat lezat dan bergizi tinggi, kue ini cocok di hidangkan untuk acara-acara kelurga, nikahan, sunatan, wiridan dan acara lainnya. Kue talam sendiri sangat gampang kok cara membuatnya bahkan bahan bakunya pun banyak di temukan di pasar-pasar tradisional.

Untuk membuat kue talam yang lezat bunda di rumah gak perlu kok mempunyai skill masak yang pengalaman, semua bunda di rumah bisa mencoba membuat kue talam lezat ini dengan mudah dan gampang sekali. Adapun resep yang harus bunda persiapkan adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan Untuk Kue Talam Ubi Merah:
1 kilo gram ubi merah berkualitas bagus
2 gelas gula pasir (gelas belingbing)
3 saset santan kelapa dimasak dulu
2 gelas belingbing tepung sagu
Garam dapur secukupnya

Cara Membuat Kue Talam Ubi Merah:
Belah menjadi beberapa bagian ubi merah yang bunda beli di pasar kemudian cuci hingga ubi tersebut bersih kemudian kukus ubi merah tersebut sampai ubi tersebut lembut, kemudian angkat ubi yang sudah di kukus tadi dan kupas jangan sampai ubi tersebut dingin terlebih dahulu ya bun, takutnya tekstur dan warna ubi merah tersebut berubah.
Langkah selanjutnya ubi merah tersebut di haluskan jika sudah halus campurkan tepung sagu, gula pasir dan garam dapur sambil di aduk hingga semua bahan merata, kemudian campurkan santan kelapa kental dan aduk lagi hingga semua tercampur rata kemudian saring, sisikan.

Cara Membuat Adonan Putih Kue Talam Ubi Merah:
1/2 gelas belimbing tepung beras
1/2 gelas belimbing tepung sagu tani
2 gelas santan kental yang sudah dimasak tadi
Garam dapur secukupnya

Setelah bahan semuanya siap campurkan semua bahan kemdian tuangkan santan kelapa kental sedikit demi sedikit ya bun sampai habis kalau adonannya terlalu encer atau adonan ubinya kental.
Di sisi lain siapkan langseng untuk mengukus dan langseng dipanasin terlebih dahulu, Dan siapkan cetakan kue talam yang sudah di olesi dengan minyak sawit cetakannya. Tuang adonan ubi yang sudah di haluskan tadi, namun perlu di ingat ya bun jangan sampai penuh tungggulah hingga
setengah matang. Kemudian tuangkan adonan putih tunggulah hingga matang kemduian angkat adonan tersebut dan begitu seterusnya.

Ok bun, segitu dulu sharing kita kali ini mengenai Resep dan Cara Membuat Kue Talam Ubi Merah semoga bermanfaat untuk bunda di rumah dan selamat mencoba ya bun. (Done)
Disqus Comments