Senin, 25 Juli 2016

Resep dan Cara Membuat Nasi Gurih Ayam Kampung



Resep dan Cara Membuat Nasi Gurih Ayam Kampung - Nasi gurih ayam kampung  ini selain sangat lezat juga sangat sangat praktis sekali dan patut untuk bunda coba di rumah khususnya di hidangkan untuk keluarga tercinta.
Nasi gurih ayam kampung ini di dalamnya sudah tersedia ayam dan berikut juga sayuran yang akan menyehatkan dan memberi energi  untuk tubuh, cara membuat nasi gurih ayam kampung ini sebenernya sangat mudah sekali, bunda di rumah yang masih saja pemula pun pasti bisa membuat nasi gurih ayam kampung ini dengan lezat.

Bahan-bahan nasi gurih ayam kampung :
● ½ ekor ayam kampung, dipotong  potong sebanyak 10 bagian
● 850ml air bersih
● ½ sdt ketumbar, haluskan
● ¼ sdt merica bubuk
● 1 sdm garam dapur
● ¼ sdt gula pasir
  Beras secukupnya
● 1,5cm jahe, dimemarkan
● 1,5 buah wortel, dipotong dadu kecil
● 80 grm jagung
● 60 grm buncis, dipotong  1cm

Bumbu halus nasi gurih ayam kampung :
● 4 btr bawang merah
● 3 siung bawang putih

Cara membuat nasi gurih ayam kampung :
● Langkah pertama rebuslah ayam kampung yang sudah di potong tadi ke dalam air bersama dengan yang sudah di haluskan, ketumbar, merica bubuk, garam dapur dan juga gula pasir masak menggunakan  api yang kecil sehingga mendidih. Dan saring ukur kaldunya kurang lebih sekitar 750ml.
● Langkah kedua  rebuslah kaldu ayam yang tadi sudah di rebus  hingga terlihat mendidih dengan beras, jahe dan juga garam dapur.
● Langkah ketiga masukkan ayam kampung, kemudian aduk-aduk hingga bumbu tersebut  terserap ke dalam tubuh ayam dan angkat.
● Campurkan wortel yang sudah di iris tadi, jagung  dan juga buncis kemudian aduk-aduk hingga menyebar.
● Langkah Terakhir  kukuslah dengan menggunakan  api  yang sedang  kurang lebih  selama 30 menitan sampai semuanya  matang merata.
Ok bunda, segitu dulu sharing kita kali ini tentang Resep dan Cara Membuat Nasi Gurih Ayam Kampung semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bunda di rumah. (Done)
Disqus Comments