Kamis, 28 Juli 2016

Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Wortel Jamur

Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Wortel Jamur - Nasi tim adalah makanan yang biasanya di suguhkan untuk bayi, namun nasi tim juga bisa di bikin berbagai macam variasi agar makanan nasi tim tersebut terlihat lebih menarik dan juga makin lezat untuk rasanya.

Pada kesempatan kali ini tim rumah makanku akan memberikan salah satu resep untuk membuat nasi tim yang lezat yang di campur dengan jamur serta wortel yang akan memerikan manfaat lebih jika di konsumsi untuk tubuh bunda dan keluarga di tercinta di rumah. Adapun bahan-bahan untuk sebelum membuat nasi tim wortel dan jamur adalah sebagai berikut:

Bahan nasi tim wortel jamur :
● 2 Buah wortel di jus dengan 500ml air putih biasa
● Beras secukupnya
● 1 liter air puith
● 2 lbr daun salam kering
● 2 sdt garam dapur

Bahan tumis nasi tim wortel jamur :
● 160 gr jamur tiram, disuwir sesuka hati
● 110 gr jamur kancing, iris tipis-tipis
● 3 siung bawang putih, di haluskan (cincang)
● Kecap manis secukupnya
● 1 sdt kecap asin
● 1 sdm saus tiram
● ¼ sdt garam dapur
● ¼ sdt merica halus
● 1 Daun bawang, haluskan (diiris-iris)
● 110ml air putih
● 2 sdm minyak sawit untuk bahan tumis

Cara membuat nasi tim wortel jamur :
● Langkah pertama rebus air putih dengan di campur, wortel yang sudah di jus, daun salam kering dan juga berikut dengan garam dapur secukupnya hingga terlihat mendidih. Campurkan beras sambil diaduk-aduk hingga merata. Masaklah sambil diaduk sesekali hingga beras tersebut meresap sempurna, setelah semua masak dengan merata angkat dan sisihkan dulu saja.
● Langkah kedua kita akan mengolah bahan-bahan untuk tumisan : Nyalakan api kemudian tuang minyak goreng dan panaskan minyak setelah itu masukkan bawang putih ke minyak panas tersebut hingga tercium aroma harum, dan campurkan jamur tiram dan juga jamur kancing kemudian aduk-aduk sampai jamur tersebut tercampur merata.
● Campurkan kecap manis secukupnya, kecap asin secukupnya, saus tiram secukupnya, garam dapur secukupnya dan juga merica bubuk yang halus kemudian aduk-aduk sampai semua merata. Kemudian tuangkan air putih dan masaklah hingga semua matang dan meresap sempurna, tambahkan sedikit daun bawang yang sudah di iris-iris halus kemudian aduklah hinggal merata.
● Langkah Terakhir ambil tumisan dengan sendok dalam pinggan yang tahan panas kecil, setelah itu campurkan nasi kemudian kukuslah di atas api yang sedang selama kurang lebih sekitar 50 menit hingga semua matang merata.

Ok bunda, segitu dulu sharing kita kali ini mengenai Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Wortel Jamur semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk bunda serta keluarga di rumah. (Done)

Disqus Comments